Senin, 28 Oktober 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP 3 Malang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 3 Malang
 
Mata Pelajaran            : IPS Ekonomi
Kelas / Semester          : VIII / 1
Alokasi Waktu            : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
Standar Kompetensi   : Memahami kegiatan pelaku ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Indikator                     :
1.      Mendeskripsikan pengertian pasar
2.      Menjelaskan peranan dan fungsi pasar
3.      Mengklasifikasikan macam-macam pasar beserta contohnya
4.      Mengemukakan hubungan pasar dengan distribusi

1.      Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat mendeskripsikan pengertian pasar
b.      Siswa dapat menjelaskan peranan dan fungsi pasar
c.       Siswa dapat mengklasifikasikan macam-macam pasar beserta contohnya
d.      Siswa dapat mengemukakan hubungan pasar dengan distribusi
II. Uraian Materi
a.       Pengertian pasar
b.      Peranan dan fungsi pasar
c.       Macam-macam pasar beserta contohnya
d.      Hubungan pasar dengan distribusi

III. Model dan Metode Pembelajaran
              Model        : Mind mapping dan Scramble
              Metode      : Ceramah, diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan :
1.   Guru mengucapkan salam, berdoa dan melakukan presensi kepada siswa.
2.   Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang pasar.
3.   Kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam pertemuan : mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
10 menit
2.
Inti :
Dengan menggunakan model pembelajaran Mind mapping
1.   Guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu pengertian pasar, syarat terjadinya pasar, peranan dan fungsi pasar.
2.   Setelah selesai menyampaikan materi, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
3.   Guru membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok besar.
4.   Guru membacakan soal untuk dianalisis oleh setiap kelompok.
5.   Masing-masing kelompok melalui perwakilannya diminta mempresentasikan hasil diskusinya.
6.   Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi siswa.
60 menit
3.
Penutup :
1.      Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
2.      Guru mengingatkan agenda pertemuan yang akan datang melanjutkan materi selanjutnya.
3.      Memerintahkan pada ketua kelas untuk memimpin doa penutup.
10 menit

           Pertemuan ke-2  (2 x 40 menit)
No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan :
1.    Guru mengucapkan salam, berdoa dan melakukan presensi kepada siswa.
2.    Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang macam-macam pasar.
3.   Kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam pertemuan : mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
10 menit
2.
Inti :
Dengan menggunakan model pembelajaran Scramble
1.  Guru menyampaikan materi pembelajaran yaitu macam-macam pasar dan hubungan pasar dengan distribusi.
2.  Setelah selesai menyampaikan materi, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya.
3.  Guru membagikan soal yang jawabannya sudah tersedia namun diacak (untuk mengukur pemahaman peserta didik).
4.  Setelah selesai, soal tersebut dibahas bersama.
60 menit
3.
Penutup :
1.        Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
2.        Guru menginformasikan pada pertemuan selanjutnya akan diadakan ulangan harian.
3.        Memerintahkan pada ketua kelas untuk memimpin doa penutup.
10 menit

            Pertemuan ke-3  (2 x 40 menit)
No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan :
1.      Guru mengucapkan salam, berdoa dan melakukan presensi kepada siswa.
2.      Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif.
3.      Guru menyampaikan aturan pengerjaan soal ulangan harian.
10 menit
2.
Inti :
1.      Guru membagikan soal dan meminta agar peserta didik mengerjakan secara mandiri.
2.      Guru mengawasi dengan baik agar tes hasil belajar dapat mencerminkan kemampuan mereka.
60 menit
3.
Penutup :
1.    Guru meminta lembar jawab siswa.
2.    Guru meminta peserta didik mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya.
3.    Salam penutup.
10 menit

V. Media dan Sumber Belajar
            Media                          : LCD, Laptop, Papan tulis, Alat tulis.
            Sumber belajar            : LKS, Buku Ekonomi dan IPS kelas VIII.


VI. Penilaian
·         Prosedur                :  Proses dan hasil
·         Teknik                   :  Tes
·         Jenis                      :  Tes tulis

VII.  Lampiran
1.      Rangkuman materi
2.      Soal ulangan harian
3.      Kunci jawaban
4.      Pedoman penskoran
5.      Lembar penilaian proses

      Mengetahui,                                                                                    Malang, 24 Oktober 2013
      Guru Pamong                                                                                  Guru PPL,                                                                                              
      Hj. Marmiati, S.Pd                                                                          Arum Dwi lestari
      NIP : 195901081979032001                                                          NIM : 100401020112    
      


       Kepala Sekolah


                                                          Drs. H. Burhanuddin, M.Pd
                                                        NIP : 1962120319840310087
Lampiran 1
Ringkasan Materi
Pasar
A.    Pengertian Pasar
Secara sederhana, pasar diartikan sebagai suatu tempat dimana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan jual beli barang. Namun pengertian tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena seiring kemajuan teknologi transaksi jual beli seringkali tidak dilakukan secara langsung melainkan cukup melalui telepon, internet atau malah hanya dengan surat. Penjual dan pembeli tidak bertatap muka sebab berjauhan. Artinya, dalam proses pembentukan pasar hanya dibutuhkan adanya penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan serta adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan pasar adalah sarana bertemunya pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli. Dengan demikian, syarat-syarat terjadinya pasar terdiri dari lima  unsur, diantaranya adalah :
1.      Adanya penjual dan pembeli
2.      Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan
3.      Adanya proses tawar menawar
4.      Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli
5.      Terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung

B.     Peranan dan Fungsi Pasar
Pasar mempunyai peranan penting dalam mendorong kegiatan perekonomian, baik bagi konsumen, produsen, maupun pemerintah. Peranan pasar adalah sebagai berikut, dilihat dari kepentingannya :
1.      Konsumen >> memudahkan untuk memperoleh barang dan jasa.
2.      Produsen >> berperan sebagai tempat untuk memperoleh barang-barang yang akan digunakan dalam proses produksi. Selain itu, pasar juga berperan sebagai tempat untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksi.
3.      Pemerintah >> melalui pasar pemerintah dapat memperoleh pendapatan dari pajak dan retribusi.
4.      Sumber daya manusia >> pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia , serta membuka lapangan kerja.
Pasar selain sebagai tempat untuk melakukan jual beli barang dan jasa, juga mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.      Fungsi Pembentuk Harga
2.      Fungsi Distribusi
3.      Fungsi Promosi
4.      Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja

C.    Macam-macam Pasar
Pasar yang ada dalam masyarakat dapat dibedakan berdasarkan wujudnya, luas wilayah kegiatannya waktunya, jenis barang yang diperjualbelikan, dan bentuk dan strukturnya.
1.      Pasar berdasarkan Wujudnya (segi fisik)
a.       Pasar Konkret (Pasar Nyata)
adalah pasar dimana barang yang diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual dengan pembeli bertemu secara langsung. Contohnya, toko, pasar induk, supermarket, mal, dll. Sistem transaksi yang sering digunakan dalam pasar konkret dikenal dengan istilah cash and carry.
Ciri-ciri pasar konkret terdiri dari 4 poin berikut :
Ø  Barang yang diperjualbelikan benar-benar ada (nyata)
Ø  Penjual dan pembeli bertemu secara langsung
Ø  Transaksi dilakukan secara tunai
Ø  Barang dapat dibawa atau diambil pada saat itu juga


b.      Pasar Abstrak (Pasar Tidak Nyata)
adalah pasar dimana penjual menawarkan barang hanya memperlihatkan contoh atau pembeli dan penjual tidak langsung datang ke pasar. Transaksi dapat dilakukan melalui telepon, faksimili, internet atau surat pesanan. Contohnya, pasar tenaga kerja, Bursa Efek Jakarta.
Adapun ciri-ciri pasar abstrak terdiri dari :
Ø  Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia (hanya contoh)
Ø  Transaksi dilakukan dalam partai besar
Ø  Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya
Ø  Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
2.      Pasar berdasarkan Luas Kegiatannya
a.       Pasar Lokal (Pasar Setempat)
adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari satu daerah setempat saja. Umumnya pasar ini hanya menawarkan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan sehari-hari dan barang yang cepat rusak atau busuk. Contohnya, pasar Besar.
b.      Pasar Daerah (Pasar Wilayah)
adalah pasar yang tempatnya di kota-kota kabupaten atau kotamadya atau provinsi. Pada pasar ini biasanya para pedagang menengah dan pedagang beasr bertemu dan bertransaksi. Contohnya, Pasar Beringharjo di Yogyakarta dan Pasar Klewer di Solo.
c.       Pasar Nasional
adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai wilayah dalam suatu negara. Contohnya, Bursa Efek Jakarta.
d.      Pasar Internasional
adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai negara. Komoditi yang dijual pun merupakan produk-produk yang dibutuhkan semua masyarakat dunia. Contohnya, pasar kopi di Brazil, pasar wol di Sidney, pasar karet di New York.
3.      Pasar berdasarkan Waktunya  
a.       Pasar Harian
adalah pasar yang terjadi setiap hari dan menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Contohnya, pasar tradisional, toserba, swalayan.
b.      Pasar Mingguan
adalah pasar yang tejadi seminggu sekali. Biasanya pasar ini hanya diselenggarakan di daerah yang penduduknya sedikit. Lokasinya pun berpindah-pindah. Contohnya, pasar Minggu, pasar Senin, pasar Kamis, dll.
c.       Pasar Bulanan
adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan sudah tentu dan pembelinya bukan hanya konsumen saja, melainkan juga para pedagang. Contohnya, hasil industri dan seni (kerajinan).
d.      Pasar Tahunan
adalah pasar yang diselenggarakan satu kali dalam setahun. Pasar jenis ini ada yang bersifat nasional dan ada pula yang bersifat internasional. Selain itu, penyelenggaraannya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang dilakukan sekali dalam setahun. Biasanya bertujuan untuk memperkenalkan produk baru (promosi). Contohnya, Pekan Raya Jakarta dan Pekan Raya musim panas di Missiouri, Amerika Serikat.
e.       Pasar Temporer
adalah pasar yang terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu. Contohnya, pasar murah dan bazar.
4.      Pasar berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbelikan
a.       Pasar Barang Konsumsi (Pasar Output)
adalah pasar yang memperjualbelikan barang konsumsi. Contohnya, pasar buah, pasar sayur-mayur, pasar ikan, pasar pakaian, dll.
b.      Pasar Barang Produksi (Pasar Input)
adalah pasar yang memperjualbelikan sumber daya produksi (faktor produksi). Contohnya, pasar tenaga kerja, bahan baku, mesin, bibit tanaman, dll.


5.      Pasar berdasarkan Bentuk (Stuktur)
a.       Pasar Persaingan Sempurna
adalah pasar dimana penjual dan pembeli sangat banyak, sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
*      Pembeli dan penjual banyak.
*      Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen (sejenis).
*      Pemerintah tidak turut campur dalam pembentukan harga.
*      Pembeli bebas memilih produk.
*      Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar.
b.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
adalah pasar dimana penjual dapat mempengaruhi harga karena jumlah barang yang ditawarkan cukup banyak dan sifat barang yang ditawarkan berbeda dengan yang ditawarkan penjual lain.
Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna :
*      Banyak penjual.
*      Barang yang diperjualbelikan sejenis, namun berbeda-beda sifat dan coraknya.
*      Promosi sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan dan menarik konsumen.
*      Penjual dapat melakukan usaha dengan mudah.
Yang termasuk pasar tidak sempurna antara lain sebagai berikut :
v  Pasar Monopoli
adalah suatu pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan, sehingga bebas menentukan harga barang yang dijualnya. Contohnya, PT. PLN, PT. KAI, PT. Pertamina, dan PDAM.
Ciri-ciri pasar monopoli antara lain :
a.       Hanya ada satu penjual.
b.      Pembeli tidak punya pilihan dalam membeli barang.
c.       Tidak ada barang pengganti yang mirip.
d.      Harga ditentukan oleh perusahaan.
e.       Promosi kurang diperlukan
v  Pasar Monopsoni
adalah pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan pembeli, sehingga pembeli mempunyai kekuasaan untuk menetapkan harga barang.
Contohnya, PT. KAI menguasai penentuan harga berbagai peralatan dan perlengkapan kereta api di Indonesia.
v  Pasar Oligopoli
adalah suatu pasar yang hanya terdapat sedikit penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Contohnya, pasar mobil, pasar motor, dan pasar TV.
Ciri-ciri pasar oligopoli antara lain :
a.       Hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar.
b.      Barang yang dihasilkan adalah barang standar atau berbeda corak dan mutu.
c.       Sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya sangat tinggi.
d.      Timbul karena proses produksi menuntut dipergunakannya teknologi modern yang mendorong ke arah produksi secara besar-besaran, sehingga persaingan melalui iklan sangat kuat.
v  Pasar Duopoli
adalah suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan. Contohnya, penawaran untuk minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex. 
v  Pasar Oligopsoni
adalah suatu pasar dimana pembelian suatu barang dipegang oleh beberapa perusahaan. Contohnya, di pedesaan sering terdapat tengkulak dan pengijon.
v  Pasar Persaingan Monopolistik
adalah pasar yang di dalamnya terdapat persaingan antara pedagang yang melakukan monopoli. Barang yang diperjualbelikan pada dasarnya sama, tapi jenisnya beraneka ragam. Contohnya, Pepsodent memonopoli penjualan pasta gigi di Indonesia diantara sejumlah merk pasta gigi lainnya, seperti Ritaden, Ciptadent, dll.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik antara lain :
a.       Terdapat banyak penjual.
b.      Terdapat diferensiasi produk.
c.       Produsen dapat mengendalikan harga pada tingkat tertentu.
Persaingan para penjual di pasar mempunyai beberapa kebaikan dan keburukan.
ü  Kebaikan persaingan di pasar
a.       Penjual akan berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan barang yang bermutu dan melayani pembeli dengan baik serta berusaha menekan harga serendah mungkin, sehingga konsumen dapat memperoleh barang yang bermutu dengan harga yang relatif murah.
b.      Penjual akan berusaha membuat barang yang baru yang lebih bermutu dan lebih disukai konsumen.
ü  Keburukan persaingan di pasar
a.       Penjual yang tidak mampu bersaing akan mundur.
b.      Menimbulkan biaya tambahan untuk reklame, promosi, dan sejenisnya.

D.    Hubungan Pasar dengan Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi jembatan kegiatan produksi dan konsumsi. Berkat distribusi, barang dan jasa dapat sampai dari tangan produsen ke tangan konsumen. Peranan distribusi ternyata identik dengan peran pasar. Oleh karena itu, pasar merupakan wadah bagi kegiatan distribusi. Hubungan pasar dengan distribusi adalah sebagai berikut :
a.       Mempermudah konsumen melakukan konsumsi.
b.      Membentuk terciptanya harga barang yang relatif stabil.
c.       Produsen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya.
d.      Meningkatkan penjualan dan efisiensi perusahaan.
Telah diuraikan diatas, bahwa kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyampaikan atau menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Berikut adalah fungsi hubungan pasar dan distribusi.
a.       Fungsi Pertukaran
Pasar dan distribusi berperan dalam memilih barang ataupun jasa yang akan dijual, agar penjualan nantinya dapat dilakukan dengan harga, pelayanan, dan kualitas yang disenangi oleh konsumen.
b.      Fungsi Penyediaan Fisik
Hal ini menyangkut pemindahan barang secara fisik dari produsen ke konsumen akhir. Fungsi ini meliputi pengumpulan, pemilihan, dan pengangkutan barang dari pasar atau produsen menuju konsumen.
c.       Fungsi Penunjang
Fungsi ini membantu atau melengkapi fungsi pertukaran dan penyediaan fisik agar terlaksana dengan baik. Kegiatan fungsi penunjang meliputi pelayanan purna jual, penyebaran informasi agar barang atau jasa lebih dikenal masyarakat, dan juga masalah pembelajaran, misalnya, penjualan yang dilakukan secara kredit).










Lampiran 2
Soal Ulangan Harian
  1. Berilah  tanda silang (x) huruf a,b,c, dan d pada jawaban yang benar!
1.      Pengertian pasar yang benar menurut ilmu ekonomi adalah...
a.       Tempat bertemunya permintaan dan penawaran barang dan jasa
b.      Kegiatan tukar menukar barang dengan jasa
c.       Tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan jual beli
d.      Kegiatan jual beli barang dan jasa
2.      Suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan disebut...
a.       Pasar duopoli                                                        c. Pasar oligopsoni
b.      Pasar monopoli                                                      d. Pasar oligopoli
3.      Usaha memperlancar penyaluran barang dari produsen kepada konsumen merupakan fungsi pasar sebagai...
a.       Produksi                                                                c. Distribusi
b.      Promosi                                                                 d. Pembentuk harga
4.      Fungsi pasar secara ekonomi sebagai...
a.       Distribusi, penjualan produk, tawar menawar                 
b.      Pembentukan harga, tawar menawar, promosi
c.       Pembentukan harga, penjualan produk, promosi
d.      Distribusi, pembentukan harga, promosi  
5.      Penjual maupun pembeli tidak harus bertemu langsung, transaksi ini terjadi dalam pasar...
a.       Sempurna                                                              c. Tidak sempurna      
b.      Konkret                                                                 d. Abstrak
6.      Pasar mobil termasuk pasar...
a.       Monopoli                                                               c. Persaingan monopolistik
b.      Persaingan sempurna                                             d. Oligopoli
7.      Kegiatan memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen disebut...
a.       Pemasaran                                                             c. Distribusi
b.      Promosi                                                                 d. Transaksi
8.      Istilah cash and carry terjadi di dalam pasar...
a.       Konkret                                                                 c. Nasional
b.      Abstrak                                                                 d. Persaingan sempurna
9.      Pasar barang produksi juga disebut...
a.       Pasar harian                                                           c. Pasar input
b.      Pasar oligopsoni                                                    d. Pasar output
10.  Pasar barang konsumsi adalah jenis pasar berdasarkan...
a.       Luas kegiatannya                                                  c. Waktunya
b.      Wujudnya                                                             d. Barang yang diperjualbelikan
11.  Berikut yang termasuk fungsi pasar adalah...
a.       Menetapkan nilai                                                   c. Mendistribusikan barang
b.      Mengorganisasikan barang                                    d. Memproduksi barang
12.  Pekan Raya Jakarta, merupakan contoh pasar...
a.       Bulanan                                                                 c. Lokal
b.      Nasional                                                                d. Tahunan
13.  Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia, transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya. Hal tersebut merupakan ciri-ciri pasar...
a.       Konkret                                                                 c. Modal
b.      Abstrak                                                                 d. Uang
14.  Perusahaan Listrik Negara (PLN) termasuk kategori bentuk pasar...
a.       Monopoli                                                               c. Oligopoli
b.      Monopsoni                                                            d. Persaingan monopolistik
15.  Pasar merupakan tempat transaksi. Dari proses tawar menawar sampai terjadi harga keseimbangan menunjukkan pasar memiliki fungsi...
a.       Pembentuk harga                                                  c. Promosi barang
b.      Media eksposisi                                                     d. Distribusi barang
16.  Banyak penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen). Merupakan ciri-ciri pasar...
a.       Persaingan tidak sempurna                                   c. Persaingan monopolistik
b.      Oligopoli                                                               d. Persaingan sempurna
17.  Minat masyarakat dalam membeli suatu produk tinggi apabila di pasar tersedia...
a.       Sarana pengangkutan                                            c. Sarana distribusi
b.      Sarana harga yang pasti                                        d. Sarana promosi
18.  Pasar buah, pasar sayur, pasar tekstil menurut barang yang diperjualbelikan termasuk...
a.       Pasar barang konsumsi                                          c. Pasar setempat
b.      Pasar barang produksi                                           d. Pasar daerah
19.  Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan orang-orang sebagai pelayan toko dan kuli. Hal tersebut merupakan fungsi pasar sebagai...
a.       Penyerapan tenaga kerja                                       c. Sumber daya manusia
b.      Distribusi                                                               d. Promosi
20.  Ciri pasar tradisional diantaranya adalah...
a.       Dikelola secara modern                                         c. Mengutamakan pelayanan belanja
b.      Ada proses tawar menawar harga barang             d. Barangnya dilengkapi label harga
21.  Pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan pembeli, sehingga pembeli mempunyai kekuasaan untuk menetapkan harga barang. Merupakan pengertian pasar...
a.       Oligopsoni                                                             c. Monopsoni
b.      Monopoli                                                               d. Duopoli
22.  Pasangan yang benar terdapat pada poin...
a.       Fungsi pasar >> distribusi                                     c. Pasar abstrak >> supermarket
b.      Syarat pasar >> angkutan                                                 d. Pasar konkret >> Bursa Efek
23.  Di bawah ini yang tidak termasuk syarat pasar adalah adanya...
a.       Barang yang diperjualbelikan                               c. Pembeli
b.      Penjual                                                                  d. Perantara jual beli
24.  Berikut yang bukan ciri-ciri pasar konkret adalah...
a.       Transaksi dilakukan lewat telepon                        c. Cash and carry
b.      Barang tersedia di tempat (pasar)                         d. Transaksi dilakukan langsung
25.  Pasar modal dan pasar tenaga kerja merupakan jenis dari pasar...
a.       Pasar distribusi                                                      c. Pasar nasional
b.      Pasar faktor produksi                                            d. Pasar internasional
B.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1.      Sebutkan 3 hubungan pasar dan distribusi!
2.      Sebutkan 4 jenis pasar persaingan tidak sempurna!
3.      Sebutkan dan jelaskan pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan!
4.      Sebutkan 4 fungsi pasar?
5.      Sebutkan 4 ciri-ciri pasar abstrak!
Lampiran 3
Kunci Jawaban
A.    Pilihan Ganda
1.      C               6. D                 11. C               16. D               21. C
2.      A               7. B                 12. D               17. C               22. A
3.      C               8. A                 13. B               18. A               23. D
4.      B               9. C                 14. A               19. A               24. A
5.      D             10.D                  15. A               20. B               25. B
B.     Jawaban Essay
1.      Hubungan pasar dan distribusi
a.       Mempermudah konsumen melakukan konsumsi.
b.      Membentuk terciptanya harga barang yang relatif stabil.
c.       Produsen dapat mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya.
d.      Meningkatkan penjualan dan efisiensi perusahaan.
2.      Jenis pasar persaingan tidak sempurna
a.       Pasar Monopoli           c. Pasar Oligopoli        d. Pasar Oligopsoni
b.      Pasar Monopsoni         d. Pasar Duopoli        e. Pasar persaingan monopolistik
3.      Pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan!
a.       Pasar Barang Konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang konsumsi.
b.      Pasar Barang Produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor produksi.
4.      Fungsi pasar
a.       Fungsi pembentuk harga         c. Fungsi promosi
b.      Fungsi distribusi                      d. Fungsi penyerapan tenaga kerja
5.      Ciri-ciri pasar abstrak terdiri dari:
a.       Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia (hanya contoh)
b.      Transaksi dilakukan dalam partai besar
c.       Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya
d.      Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
Lampiran 4
Pedoman Penskoran
A. Pilihan Ganda
Skor tiap nomor = 2 (2 x 25 = 50 )

B.  Essay (uraian)
Nomor
Bobot
1
10
2
10
3
10
4
10
5
10
Total Skor
50

   Total nilai keseluruhan adalah 100

Lampiran 5
Lembar Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah / Rata-rata
(100%)
Keaktifan(40%)
Kerjasama(30%)
Ketepatan(30%)



















0 komentar:

Posting Komentar